Breaking News
Home / Wisata / Harga Tiket Masuk di 9 Wisata Jawa Tengah 2020
Harga Tiket Masuk di 9 Wisata Jawa Tengah 2020

Harga Tiket Masuk di 9 Wisata Jawa Tengah 2020

Kotatoea.com — Inilah sembilan destinasi wisata bertema taman di Kabupaten Semarang Jawa Tengah adalah sebagai berikut:
9 Tempat Wisata Taman di Kabupaten Semarang Beserta Info Harga Tiket Masuk

 

1. Taman Minimania

Aisyah (30), wanita asal Wonosobo yang bertinggi 80 cm yang bekerja sebagai Minius, pemandu di wahana Minimania yang berada di komplek Cimory on The Valley Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.
Aisyah (30), wanita asal Wonosobo yang bertinggi 80 cm yang bekerja sebagai Minius, pemandu di wahana Minimania yang berada di komplek Cimory on The Valley Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. (Tribun Jateng/Amanda Rizqyana)

Taman Minimania yang berada satu lokasi dengan Cimory On The Valley beralamat di Jalan Soekarno Hatta Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00.

Harga tiket masuk sebesar Rp 20 ribu per orang.

Di lokasi seluas satu hampir 1 hektar tersebut, terdapat miniatur Patung Liberty, Stonehenge, Menara Miring Pisa, Jam Besar Bigben, Piramida dan Sphinx, Kastil Neuschweinstein, Patung Merlion Singapura, Menara Eiffel Paris, Gedung Opera Sidney, Colloseum, miniatur bandara, hingga gedung ikonik hotel berbentuk layar kapal di Burj Al Arab Uni Emirates Arab.

2. Dusun Semilir

Keberadaan wisata keluarga Dusun Semilir di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Ngemple, Ngemplak, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang menarik minat ribuan orang.
Keberadaan wisata keluarga Dusun Semilir di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Ngemple, Ngemplak, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang menarik minat ribuan orang. (TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA)

Keberadaan wisata keluarga Dusun Semilir di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Ngemple, Ngemplak, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang menarik minat ribuan orang.

Sebuah perkampungan modern berbentuk stupa Candi Borobudur berangka besi dan kaca berada di Jalan Soekarno Hatta Ngemple Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang.

Pada hari biasa buka pukul 10.00-19.00, hari Sabtu buka pukul 08.00-21.00, dan hari Minggu buka pukul 07.00-21.00.

Berada di dekat pintu tol Bawen, pengunjung dari luar kota akan mudah menjangkau lokasi.

Harga tiket masuk pada hari kerja sebesar Rp 7 ribu per orang, dan pada akhir pekan atau hari libur sebesar Rp 10 ribu.

Di lokasi ini, pengunjung dapat menikmati swalayan oleh-oleh, jajanan pasar, restoran, dan lokasi foto yang Instagramable.

Tak hanya itu, lokasi parkir yang luas memudahkan pengunjung yang datang agar tidak kesulitan mencari lokasi parkir, baik motor ataupun mobil.

3. Taman Bunga Celosia

Celosia Happy Night (CHN) yang berada di Taman Bunga Celosia, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang
Celosia Happy Night (CHN) yang berada di Taman Bunga Celosia, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang (TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA)

Celosia Happy Night (CHN) yang berada di Taman Bunga Celosia, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang

Berada di Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, taman bunga yang satu ini menjadi ikon wisata yang berjarak 2,2 kilometer sebelum Candi Gedong Songo.

Taman Bunga Celosia buka setiap hari mulai pukul 7.00-17.00. Harga tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang.

Yang menarik dari taman bunga ini ialah tak hanya menghadirkan hamparan bunga, namun terdapat beragam ikon negara sebagai latar belakang spot foto.

Tak hanya itu, ada pula lokasi tematik seperti taman bunga apung hingga rumah hobbit. Ada pula danau buatan dengan dermaga apung berhiaskan bunga, yang bila berfoto di lokasi tersebut, serasa berada di mancanegara.

4. Watugunung

Kolam renang yang terdiri atas tiga kolam renang dengan kedalaman berbeda ini berada di Jalan Kyai Sunu Nomor 1 Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.

Di lokasi yang terdapat sungai kecil berisi ikan tersebut buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00.

Harga tiket masuk di lokasi ini ialah Rp 20 ribu tiap hari kerja dan Rp 25 ribu tiap akhir pekan dan hari libur.

Yang menarik dari kolam renang ini ialah mengandalkan air dari Gunung Ungaran.

Terdapat pancuran air yang mengalir sesuai debit air sehingga bila musim penghujan mengalirkan air deras, sementara bila musim kemarau air yang mengalir tak terlalu deras.

Sebelum menuju lokasi ini, pastikan keadaan dalam kondisi prima karena medan menuju lokasi yang berbukit curam, sementara sepulang dari lokasi akan mengalami turunan panjang.

Bagi pengendara motor matic agar tak menarik tuas rem depan secara terus menerus agar tidak aus yang dapat mengakibatkan rem blong.

5. Taman Bunga Axelia

Taman Bunga Axelia yang berada di Jalan Raya Ambarawa-Banyubiru, Desa Pojoksari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang menghadirkan suasana ala Negeri Kincir Angin.
Taman Bunga Axelia yang berada di Jalan Raya Ambarawa-Banyubiru, Desa Pojoksari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang menghadirkan suasana ala Negeri Kincir Angin. (TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA)

Taman Bunga Axelia yang berada di Jalan Raya Ambarawa-Banyubiru, Desa Pojoksari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang menghadirkan suasana ala Negeri Kincir Angin.

Memiliki tema serupa, taman bunga, namun ada yang berbeda yang dihadirkan oleh Taman Bunga Axelia.

Taman bunga yang terletak di Jalan Raya Banyubiru-Ambarawa, Kelurahan Pojoksari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang.

Taman Bunga Axelia menghadirkan konsep taman bunga sekaligus kafe dan restoran. Biaya tiket masuk seharga Rp 8 ribu per orang, pengunjung juga mendapatkan air mineral.

Lokasi ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-00.00.

Di lokasi ini terdapat taman bunga celosia dengan kincir angin dan berlatar belakang Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Andong.

Taman bunga tersebut juga memajang patung animasi seperti Mickey Mouse dan Mini Mouse. Ada pula fasilitas wifi gratis bagi pengunjung.

Untuk lebih maksimal dalam berlibur, pengelola juga menyediakan kostum mulai dari pakaian hingga aksesorisnya dari berbagai negara seperti kimono yakni pakaian khas Jepang maupun hanbok, pakaian khas dari Korea Selatan.

6. Eling Bening

Sejumlah tamu Wisata Eling Bening Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang sedang menikmati keindahan panorama di sekitar objek tersebut. Rencananya, wisata yang masih dalam proses pembangunan itu bakal dibuka untuk wisatawan umum (baik domestik maupun mancanegara) pada musim libur Lebaran 2016 ini.

Sejumlah tamu Wisata Eling Bening Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang sedang menikmati keindahan panorama di sekitar objek tersebut.
Rencananya, wisata yang masih dalam proses pembangunan itu bakal dibuka untuk wisatawan umum (baik domestik maupun mancanegara)

Kolam renang, lokasi foto, kafe, restoran, taman flora dan fauna, ditambah hiburan mancakrida menjadi sajian unggulan dari komplek wisata Eling Bening.

Berada di Jalan Kartika Kelurahan Tambakboyo Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, di sini pengunjung dimanjakan pemandangan hamparan sawah dan Danau Rawa Pening.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu per orang pada hari kerja dan Rp 20 ribu per orang pada akhir pekan atau hari libur, pengunung bisa menjelajah lokasi yang berada di Perbukitan Ngrawan.

Selain menyuguhkan aneka lokasi wisata yang memanjakan keluarga, pengunjung juga menyaksikan langsung deretan pegunungan Merbabu, Andong, dan Telomoyo yang diselimuti awan maupun kabut saat pagi hari.

Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan berfoto di atas bukit berlatar belakang Jalur Lingkar Ambarawa (JLA) dan serasa berjajar bersama awan.

7. Watugajah Park

Watugajah Park
Watugajah Park (TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA)

Pilihan lokasi wisata di Kabupaten Semarang memang tak ada habisnya. Selain berbagai taman bunga, ada juga taman burung yaang berada di Dusun Watugajah Desa Wringin Putih Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.

Mengambil nama tempat di lokasi yang sama, Watugajah Park merupakan taman rekreasi keluarga yang berada di tengah kebun pala dari PT Perkebunan Negara (PTPN) IX.

Watugajah menarif tiket masuk bagi pengunjung seharga Rp 10 ribu per orang untuk anak-anak dan Rp 20 ribu per orang untuk dewasa, sementara untuk waktu operasionalnya buka setiap hari mulai pukul 07.30-21.00.

Watugajah Park menjadi destinasi wisata unggulan yang memiliki koleksi 200 burung jenis lovebird dan memiliki beragam taman tematik yang memanjakan pengunjung.

Selain bisa merasakan lingkungan asri di tengah perkebunan dan di juga di antara pabrik industri.

8. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park yang berada di Jalan Fatmawati Nomor 154, Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang akan dibuka pada Sabtu (15/12/2018) pukul 13.00.
Saloka Theme Park yang berada di Jalan Fatmawati Nomor 154, Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang akan dibuka pada Sabtu (15/12/2018) pukul 13.00. (TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA)

Saloka Park dijuluki sebagai taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah karena menyuguhkan lebih dari 25 wahana rekreasi bagi keluarga.

Selain menyuguhkan wahana rekreasi tematik mulai dari Cakrawala, Jejogetan, Pakubumi, Bengak-Bengok, Adu Nyali, Ecowisata Angon-Angon, dan Agrowisata Ijo Royo-Royo.

Harga tiket pada hari kerja sebesar Rp 120 ribu dan pada akhir pekan atau hari libur sebesar Rp 150 ribu.

Bertepatan dengan libur akhir tahun dan libur semester, Saloka Theme Park menyiapkan hiburan bagi keluarga yakni atraksi Ayayi dan peri hutan berikut Mak Cin Cer Show.

Harga tiket masuk selama masa liburan mulai tanggal 21 Desember 2019-5 Januari 2019 sebesar Rp 150 ribu per orang dan waktu operasional mulai pukul 10.00-20.00.

Sebagai atraksi hiburan unggulan tiap akhir pekan, akan hadir pula Baru Klinthing Show setiap pukul 19.00.

9. Ayanaz Gedong Songo

instagramable bernama Ayanaz Gedongsongo.
instagramable bernama Ayanaz Gedongsongo. (TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA)

Berfoto romantis di bawah balon udara, duduk berhadapan di atas air, iglo, taman, atau memeluk boneka di dalam balon udara menjadi hal yang mengingatkan setiap orang akan Ayanaz Gedong Songo yang berada di Kompleks Candi Gedong Songo Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.

Sebelum menuju lokasi, harus membeli tiket masuk Candi Gedong Songo sebesar Rp 6 ribu per orang bagi wisatawan domestik dan Rp 50 ribu per orang bagi wisatawan mancanegara.

Adapun tiket masuk ke Ayanaz sebesar Rp 10 ribu per orang untuk anak-anak dan Rp 20 ribu per orang untuk dewasa di hari kerja, pada akhir pekan maupun hari libur menjadi sebesar Rp 25 ribu per orang.

Ayanaz Gedong Songo menonjolkan lokasi foto selfie kekinian yang disukai anak muda dan menjadi destinasi favorit keluarga.

Demikianlah berbagai pilihan destinasi wisata keluarga di Kabupaten Semarang dalam menyambut libur akhir tahun yang bertepatan dengan libur sekolah. Jangan lupa persiapkan kesehatan diri dan performa kendaraan sebelum bepergian.

Pastikan juga anak-anak selalu dalam jangkauan mata saat mereka beraktivitas. Perhatikan selalu papan peringatan dari setiap pengelola wahana terkait keamanan maupun kriteria usia dari setiap wahana. (*)

Sumber : Tribun Jateng

One comment